Inilah Peraturan Dalam Permainan Voli, Terlengkap!

Halo sobat situs Healt Send kali ini saya akan memberitahukan Inilah Peraturan Dalam PermainanVoli, Terlengkap! Olahraga voli memiliki banyak aturan main dan hal ini tentu saja seperti jenis permainan olahraga lainnya, peraturan permainan bola basket atau peraturan permainan sepak bola. Meski sama-sama olahraga bola besar, namun peraturan permainan bola voli tentu berbeda dari permainan olahraga lainnya tersebut. Bagi kamu yang merupakan pemula dalam olahraga ini perlu mengenal peraturan standar internasionalnya. Untuk menjadi pemain profesional olahraga bola voli, diperlukan pengetahuan lengkap dan hal itu termasuk juga peraturan permainannya dalam standar internasional oleh Federation Internationale De Volleyball atau FIVB.

Perkembangan Voli

Permainan voli dibawa oleh tentara Amerika Serikat pada zaman perang dunia II. Tentara Amerika Serikat adalah sahabat tentara Belanda. Maka tidak mengherankan jika tentara Belanda dapat bermain voli dan ikut mengenalkan permainan voli. Sehingga permainan voli dikenal masyarakat Indonesia sejak tahun 1928, pada zaman penjajahan Belanda. Mulai tahun 1928 banyak didatangkan guru-guru dari negara Belanda untuk memberi pelajaran pada sekolah-sekolah di Indonesia. Di antara guru-guru tersebut banyak juga terdapat guru ahli pendidikan jasmani yang memberikan pelajaran olahraga disekolah tertentu. Mereka juga mengajarkan permainan voli kepada anak didiknya, namun hanya anak tertentu yang bisa mendapatkan pelajaran ini. Dengan demikian perkembangan voli dikalangan masyarakat Indonesia belum begitu populer.

Waktu pengenalan permainan voli terus berjalan, hingga pada saatnya pecahlah perang Dunia kedua. Banyak negara yang terlibat dalam perang ini, sehingga banyak menimbulkan masalah baru tidak terlepas juga dalam bidang olahraga. Karena banyak bangsa di Dunia yang tidak memiliki kesempatan lagi untuk memikirkan dan melakukan olahraga. Maka sudah barang tentu perkembangan permainan voli mengalami gangguan dalam perkembanganya. Bahkan pada masa pendudukan Jepang pada tahun 1944, perkembangan permainan bola voli yang sudah ada mengalami perubahan.

Permaianan bola voli yang dikenalkan oleh Jepang adalah bola voli timur jauh. Oleh karena itu permainan yang berkembang pada saat itu di negara Jepang adalah bola voli sistem timur jauh yaitu permainan yang menggunakan sistem 9 orang setiap regu. Permainan ini berlangsung seiring kependudukan Jepang di Indonesia, setelah semua itu berakhir maka berakhir pula permainan yang ditunjukkan oleh orang-orang jepang tersebut. Pada waktu kemerdekaan Indonesia tercapai banyak tentara-tentara bekas angkatan perang Belanda yang bergabung kedalam Kesatuan Tentara Republik Indonesia. Melalui mereka itulah tentara nasional Indonesia berjasa mempopulerkan voli kedalam masyarakat indonesia. Awal mulanya bagsa kita hanya mengamati lama-kelamaan merasa tertarik dan selanjutya mencoba untuk ikut bermain. Akhirnya berkembanglah permainan bola voli di indonesia melaui sekolah dan kesatuan tentara.

Teknik Dasar Voli

Sebelum melangkah ke berbagai macam peraturan dalam voli, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu teknik-teknik dasar apa yang digunakan dalam bermain, adapun teknik-teknik dasar dalam permainan voli tersebut adalah sebagai berikut :

  • Serve/Servis. Dalam olahraga bola voli servis adalah sebuah tanda dimulainya permainan. Perlu anda ketahui bahwa servis terbagi menjadi beberapa jenis, beberapa diantaranya adalah Servis Bawah, Floating Overhand, Overhand Round, Hook Service dan Jumping Service.
  • Passing bawah. Passing dalam bahasa Inggris berarti memberikan umpan kepada rekan satu tim. Umumnya passing bawah dilakukan setelah menerima servis bola yang dilemparkan oleh tim lawan.
  • Passing atas. Sesuai dengan namanya, passing atas bekerja hampir sama dengan passing bawah. Yang membedakan adalah tenaga yang dikeluarkan untuk memberikan bola kepada rekan kita, perlu tenaga yang lebih kuat untuk melakukan passing ini. Passing dilakukan dengan tujuan agar rekan satu tim kita dapat mengeksekusi bola yang kita berikan menuju daerah lawan.
  • Smash. Teknik dasar voli keempat yang perlu kamu pelajari adalah melakukan smash. Dalam istilah olahraga voli smash juga dikenal dengan istilah spike. Smash adalah sebuah teknik yang dilakukan untuk membuat bola jatuh pada daerah lawan.
  • Blocking. Blocking adalah sebuah teknik yang dilakukan untuk menghalau bola-bola yang diarahkan oleh lawan. Hal ini dilakukan agar tim lawan tidak mendapatkan poin.
  • Set Up. Teknik ini dilakukan untuk menyusun strategi. Teknik set up dapat dilakukan dengan cara memposisikan badan para pemain, baik ke depan, ke belakang, dan ke samping.
See also  Dampak Positif Dari Judi Bola Online

Peraturan Dalam Bermain

Dalam sebuah permainan pastinya akan ada peraturan-peraturan yang akan dijadikan pedoman, aturan ini berguna untuk mengatur jalannya sebuah pertandingan. Dalam voli sendiri, beberapa peraturan yang berlaku, meliputi :

Peraturan Voli Soal Ukuran Lapangan

Seperti halnya peraturan dalam olahraga lain yang membutuhkan lapangan, selalu ada ukuran lapangan yang dianggap standar dan paling sah, begitu juga lapangan bola voli.

  • Ukuran pada lapangan bola voli standar dan paling sah adalah 9 x 18 meter.
  • Ketebalan untuk garis tepi lapangan adalah 5 cm.
  • Ukuran untuk garis batas serang bagi pemain belakang yakni 3 meter yang diukur dari garis tengah lapangan.
  • Lebar standar lapangan adalah seluas 9 meter.
  • Panjang garis samping pada lapangan berstandar luas 18 meter.
  • Lebar garis serang standarnya adalah 3 meter.

Peraturan Voli Soal Net

Dalam olahraga voli sama dengan peraturan permainan tenis lapangan karena memiliki net sebagai pembatas antar dua kubu atau tim yang berlawanan. Dan perlu diketahui bahwa net untuk permainan yang dimainkan putri serta putra berbeda.

  • Ukuran standar tinggi net bagi pemain putri yaitu 2,24 meter.
  • Ukuran standar tinggi net bagi pemain putra yaitu 2,43 meter.

Peraturan Voli Soal Antena

Tak ketinggalan ada pula antena yang bisa kamu jumpai di tiap ujung atas tiang. Pemasangan sebuah antena di area tersebut memiliki tujuan utama sebagai pembatas gerakan bola yang kiranya bisa ke arah samping atau melebar.

Peraturan Bola Yang Digunakan Di Permainan Voli

Apabila bola basket pun ada ukuran tertentu yang dianggap sebagai standar dan resmi, maka voli pun demikian juga halnya.

  • Ukuran keliling lingkaran bola voli standarnya adalah 65-67 cm.
  • Berat bola voli yang dianggap resmi dan standar adalah 260-280 gram.
  • Tekanan bola voli yang merupakan standar adalah sekitar 0.30 hingga 0.325 kg/cm2.
  • Bola voli yang dianggap standar adalah bola voli yang terbuat dari bahan kulit asli atau buatan. Bola tersebut juga kemudian dipompa atau diisi dengan udara.
See also  3 Situs Yang Memberikan Informasi Seputar Bola

Sistem Pertandingan

Selain dari peraturan dalam hal sarana permainan voli, perlu juga mengenal satu per satu sistem pertandingannya. Peraturan sistem pertandingan juga merupakan hal mendasar yang setiap pemain harus ketahui, terutama bila ingin menjadi seorang pemain bola voli profesional yang handal.

  • Seorang wasit merupakan pemimpin jalannya pertandingan, sama halnya pada permainan bola basket dan juga sepak bola.
  • Selain wasit, ada juga 4 orang lainnya yang merupakan penjaga garis serta seorang pencatat skor.
  • Pada setiap pertandingan voli ada terdiri dari 8 tim utama di mana kemudian akan dijadikan 2 grup. Ada 4 tim pada setiap grup tersebut.
  • Ada 10 pemain dalam setiap 1 tim bola voli.
  • Meski demikian, hanya ada 6 orang yang dianggap sebagai pemain utama, yakni yang berpartisipasi bermain di lapangan. Sedangkan 4 orang lainnya merupakan pemain cadangan.
  • Tidak ada batasan tentang pergantian pemain inti serta cadangan ketika pertandingan tengah berlangsung.
  • Minimal jumlah orang yang bermain untuk pertandingan voli adalah 4 orang.
  • Akan ada penundaan permainan atau pertandingan voli apabila salah satu atau lebih dari 1 anggota dari tim yang sama juga tengah aktif bermain untuk cabang olahraga lain.
  • Apabila diketahui dalam satu tim tak sampai 4 orang pemain, otomatis pihak panitia yang menyelenggarakan pertandingan akan menganggap kalah tim tersebut.
  • Tiap tim masing-masing diberikan hak untuk bermain bola paling banyak 3 kali.
  • Seorang pemain dilarang untuk memainkan bola di atas 1 kali secara berturut-turut.
  • Permainan voli pada pertandingan selalu diawali dengan sistem coin toss di mana wasit melemparkan ke udara koin 2 segi dan kemudian menangkapnya dengan menutupnya menggunakan tangan yang lain.
  • Perwakilan dari kedua tim harus menebak gambar sisi koin yang di atas atau yang sedang ditutup oleh wasit. Untuk perwakilan tim yang menjawab dengan benar akan secara otomatis mempunyai hak untuk menjadi server atau yang melakukan servis untuk awal permainan.

Sistem Penghitungan Angka

Pada permainan voli, ada pula sistem penghitungan angka yang juga perlu diketahui setiap pemain. Berikut ini adalah sistem perolehan angka pada waktu pertandingan.

  • Pihak tim lawan akan mendapatkan nilai ketika mereka dapat memasukkan bola ke wilayah kita karena otomatis kita akan kehilangan bola.
  • Pihak tim lawan akan memperoleh skor apabila serve yang dilakukan oleh tim kita tak melalui net dan tidak masuk ke area mereka.

Pemain dan Sistem Permainan

Permainan voli intinya adalah permainan yang dimainkan oleh 2 tim di mana masing-masing tim memiliki 6 orang pemain utama dalam pertandingan. Kedua tim inilah yang akan berkompetisi untuk bisa mencapai angka 25 lebih dulu barulah bisa dinyatakan sebagai pemenang. Berikut adalah peraturan cara permainan dari olahraga voli yang juga penting untuk kamu :

  • Pada sebuah tim voli, selalu ada 4 peran utama, yakni meliputi spiker (smash), tosser atau setter, defender atau pemain yang khusus untuk bertahan dan libero.
  • Tosser pada sebuah tim merupakan pengumpan atau orang yang wajib mengumpankan bola ke rekan-rekannya dan menjadi pengatur jalannya permainan.
  • Spiker pada sebuah tim memiliki fungsi atau peran utama sebagai pemukul bola agar jatuh di area pertahanan lawan.
  • Libero pada sebuah tim memiliki peran utama sebagai pemain bertahan. Keuntungan dari pemain dengan posisi ini adalah ia bisa dengan bebas keluar dan masuk, tapi tak memiliki hak untuk melakukan smash bola ke arah tim lawan.
  • Defender pada sebuah tim mempunyai peran utama sebagai pemain bertahan juga, tapi lebih kepada penerima serangan dari tim lawan.
  • Pemain tosser perlu memiliki kekuatan insting yang baik dan bahkan sempurna dan hal ini menjadi tuntutan dalam permainan voli.
  • Seorang tosser sangat diwajibkan untuk bisa menjadi pengatur jalannya permainan di saat pertandingan voli sedang berlangsung.
  • Seorang tosser harus bisa mengambil atau membuat keputusan tentang apa yang ia harus lakukan dengan bola yang ia pegang dan keputusan tersebut harus ditentukan secepat mungkin. Semuanya itu hanya diberi waktu sepersekian detik sehingga seorang tosser perlu gerak cepat ketika sebelumnya bola jatuh di lapangan pada waktu pertandingan.
  • Angka 25 adalah angka yang perlu dicapai oleh salah satu tim pada setiap babak untuk bisa menang.
See also  3 Situs Agen Judi Bola Online Terpercaya Di Indonesia

Pelanggaran

Pelanggaran dalam bola basket, sepak bola, tenis atau olahraga lainnya masih termasuk di dalam peraturan. Peraturan dalam permainan voli juga meliputi pelanggaran. Ada hal-hal tertentu yang dianggap sebagai kesalahan atau pelanggaran selama permainan berlangsung. Agar dapat menghindarinya dan pemain bisa tetap bermain dengan baik, berikut adalah aturan permainan berupa kesalahan atau konsekuensi untuk pelanggaran yang penting untuk disimak juga.

  • Pemain melakukan kontak dengan net (menyentuh net secara sengaja atau tidak sengaja).
  • Pemain melewati garis pembatas yang ada di tengah lapangan lawan.
  • Bola dilarang untuk dilempar ataupun ditangkap karena voli bukanlah basket.
  • Pemain harus memantulkan bola voli tapi dengan tidak mengenai lantai dasar lapangan sehingga harus ekstra hati-hati.
  • Double foults adalah ketika pemain sempat mengenai net 2 kali ketika pertandingan bola voli sedang berlangsung.
  • Seluruh bagian tubuh sah-sah saja untuk digunakan untuk memantulkan bola, tapi tidak boleh dengan cara menendang bola secara keras-keras.
  • Ketika serve dilakukan, seluruh pemain harus ada di dalam lapangan di mana dua tim sudah harus ada di wilayahnya masing-masing dengan posisi yang benar. Artinya, 2 tim harus ada dalam 2 deret ke samping. Tiga deret di belakang dan ada tiga deret juga di depan.
  • Jika servis bola bisa sampai melalui garis luar lapangan terhitung skor tambahan untuk tim lawan, sebaliknya apabila si penerima servis adalah lawan yang menyebabkan bola keluar maka akan terhitung atau dianggap sebagai skor tambahan untuk tim lawan.
  • Dianggap pelanggaran apabila seorang pemain melakukan protes berlebihan kepada wasit dan menyatakan tidak terima atas segala keputusan wasit.
  • Dianggap pelanggaran apabila bola belum sampai ke seberang atau ke area pihak tim lawan setelah pukulan ketiga. Sebagai konsekuensinya, bola akan berpindah tangan ke tim lawan sekaligus juga lawan jugalah yang memperoleh poin tambahan.

Demikianlah saya sampaikan ulasan inilah peraturan dalam permainan voli, terlengkap!. Semoga artikel ini dapat menjadi sumber referensi bagi pembaca sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.